Penentuan Rute Distribusi LPG 3kg Menggunakan Metode Sequential insertion dan (1-0) Insertion intra route Di PT. X

Penulis

  • NUGRAHA RACHMAT PRAMAN Program Studi Teknik industri, Institut Teknologi Nasional

Kata Kunci:

Rute Distribusi, Vehicle Routing Problem

Abstrak

PT. X is a company engaged in the distribution of Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg. The company has 38 consumer bases spread across the city of Bandung, with different vehicle capacities that allow each vehicle to make several trips. Distribution to companies not only shipping to consumers but taking goods from consumers simultaneously. Problems that exist in the Company This company problem is included in the Vehicle Routing Problem (VRP) with the type of Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem with Multiple Trips and Pickup and Delivery (HFVRPMTPD). This research aims to form new routes and shorten distribution distances. The current route used by the company is based only on the driver's estimate. Improvements made using the sequential insertion method are solving problems by inserting consumers between the consumer sequences that have been formed in order to obtain maximum results, and (1-0) intra-route insertion improves the selected route so that a minimum distance and time are obtained. The total distance and total time using the sequential insertion method resulted in a total distance of 167.1 km with a total time of 1518.4 minutes with Method (1-0) intra route insertion resulting in a total distance of 149.45 km with a total time of 1493.8.

AbstrakĀ 

PT. X merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg. Perusahaan memiliki konsumen sebanyak 38 pangkalan yang tersebar di Kota Bandung, dengan kapasitas kendaraan yang dimiliki perusahaan berbeda-beda yang memungkinkan setiap kendaraan melakukan beberapa kali perjalanan. Pendistribusian pada perusahaan tidak hanya melakukan pengiriman ke konsumen namun mengambil barang dari konsumen secara bersamaan. Permasalahan yang ada di Perusahaan ini termasuk kedalam Vehicle Routing Problem (VRP) dengan jenis Heterogeneous Fleet Vehicle Routing Problem with Multiple Trips and Pickup and Delivery (HFVRPMTPD). Penelitian ini bertujuan yaitu membentuk rute baru dan memperpendek jarak pendistribusian. Rute yang dipakai perusahaan saat ini hanya berdasarkan perkiraan supir. Perbaikan yang dilakukan dengan menggunakan metode sequential insertion yaitu memecahkan masalah dengan cara menyisipkan konsumen diantara urutan konsumen yang telah terbentuk agar didapatkan hasil yang maksimal, serta (1-0) insertion intra route memperbaiki rute yang terpilih agar diperoleh jarak dan waktu yang minimum. Total jarak dan total waktu menggunakan metode sequential insertion menghasilkan total jarak 167,1 km dengan total waktu sebesar 1518,4 menit dengan Metode (1-0) insertion intra route menghasilkan total jarak sebesar 149,45 km dengan total waktu sebesar 1493,8.

Diterbitkan

2024-12-09