USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI TOKO SAVEMYMONDAY MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE MATRIX (IPM) DAN METODE 5 WHY

Penulis

  • Fahri Satria Rahman Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

SaveMyMonday, Kualitas Layanan, mportance Performance Matrix (IPM)

Abstrak

ABSTRAK
Toko SaveMyMonday selalu dituntut untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan memperbaiki fasilitas terhadap konsumen. Berdasarkan penelitian awal oleh pemilik toko terdapat keluhan konsumen yang dapat menjadikan image tidak baik dimata konsumen. Hal ini menjadi dasar perlu adanya perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Toko SaveMyMonday . Perbaikan dan peningkatan kualitas diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada Toko SaveMyMonday dan pengunjung yang datang semakin bertambah setiap harinya. Penentuan variabel yang masih kurang di Toko SaveMyMonday , karena variabel yang masih belum baik didapatkan dari hasil pengelompokan dengan menggunakan metode Importance Performance Matrix (IPM) dimana metode ini dapat mengukur kualitas jasa dengan cara pemetaan atribut kualitas jasa pada sebuah diagram. Selanjutnya penentuan usulan peningkatan kualitas pelayanan dikembangkan dengan menggunakan metode 5 Why . Hasil metode tersebut dapat dianalisis untuk merumuskan usulan peningkatan kepuasan pengunjung di Toko SaveMyMonday . Identifikasi atribut terpilih Importance Performance Matrix (IPM) adalah pada kuadran 1 karena memiliki tingkat kepentingan yang tinggi namun performansinya masih belum memuaskan, sehingga atribut pada kuadran 1 harus diperbaiki oleh Toko SaveMyMonday . Hasil dari metode tersebut adalah prioritas atribut yang akan diperbaiki oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Toko SaveMyMonday Bandung.

 

ABSTRACT
Stores SaveMyMonday are always required to improve service performance and improve facilities for consumers. Based on preliminary research by shop owners, there are consumer complaints that can make a bad image in the eyes of consumers. This is the basis for the need for improvements and improvements to the quality of services provided by the Store SaveMyMonday. Improvements and quality improvements are expected to have a positive impact on the Store SaveMyMonday and the visitors who come are increasing every day. Determination of the variables that are still lacking in the Store SaveMyMonday, because the variables that are still not good are obtained from the grouping results using the Importance Performance Matrix (IPM) method where this method can measure service quality by mapping service quality attributes on a diagram. Furthermore, the determination of the proposed service quality improvement was developed using the 5method Why. The results of these methods can be analyzed to formulate a proposal to increase visitor satisfaction at the Store SaveMyMonday. Identification of the selected attribute Importance Performance Matrix (IPM) is in quadrant 1 because it has a high level of importance but its performance is still not satisfactory, so the attributes in quadrant 1 must be improved by the Store SaveMyMonday. The result of this method is the priority of attributes that will be improved by the company to improve the quality of service at the Store SaveMyMonday Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03