Evaluasi Apill Pada Simpang Bersinyal Dibandingkan Dengan Software PTV Vissim 9 (Studi Kasus: Simpang Soekarno Hatta - Ibrahim Adjie Kota Bandung)

Authors

  • M. AFDAEL FOTRAMANAG Institut Teknologi Nasional Bandung
  • ELKHASNET Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Intersection, Congestion, Cycle Time, MKJI 1997, Vissim Software, Simpang, Kemacetan, Waktu Siklus

Abstract

Simpang jalan Soekarno Hatta – Ibrahim Adjie di Kota Bandung merupakan salah satu
contoh prasarana penghubung transportasi darat yang sering mengalami masalah kemacetan. Dengan adanya hal tersebut, salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan di simpang adalah dengan cara mengatur ulang waktu siklusnya. Tujuan penelitian ini dilakukan dengan cara mengatur ulang waktu siklus simpang jalan Ibrahim Adjie - Soekarno Hatta kota Bandung dengan menggunakan metode MKJI 1997 yang mendapatkan hasil sebesar 116 detik. Setelah mendapatkan hasil waktu siklus, tahap selanjutnya adalah mengetahui kinerja simpang dengan parameter panjang antrian dan waktu tundaan yang mana hasil panjang antrian terbesar adalah simpang jalan Ibrahim Adjie (Utara) sebesar 125 meter dan waktu tundaan sebesar 45 detik, dan hasil panjang antrian terkecil adalah lengan simpang jalan Soekarno Hatta (Barat) sebesar 76 meter dan waktu tundaan sebesar 53 detik. Sedangkan hasil menggunakan software PTV Vissim 9 panjang antrian terbesar adalah lengan simpang jalan Soekarno Hatta (Timur) sebesar 270 meter dan waktu tundaan sebesar 130 detik, dan panjang antrian terkecil adalah lengan simpang jalan Ibrahim Adjie (Selatan) sebesar 115 meter dan waktu tundaan sebesar 56 detik. Dari hasil perhitungan menggunakan metode MKJI 1997 dan pemodelan menggunakan Software PTV Vissim 9 didapatkan perubahan panjang antrian dan waktu tundaan yang lebih baik dari kondisi eksisting.


The Soekarno Hatta – Ibrahim Adjie intersection in the city of Bandung is one example of land transportation connecting infrastructure that often experiences congestion problems. With this, one solution to reduce congestion at the intersection is to reset the cycle time. The purpose of this study was to reset the cycle time of the Ibrahim Adjie - Soekarno Hatta intersection in Bandung city using the 1997 MKJI method which got a result of 116 seconds. After getting the results of the cycle time, the next step is to determine the performance of the intersection with the parameters of queue length and delay time where the result of the largest queue length is the Ibrahim Adjie intersection (North) of 125 meters and a delay time of 45 seconds, and the smallest queue length results are arms. Soekarno Hatta (West) intersection is 76 meters and the delay time is 53 seconds. While the results using the PTV Vissim 9 software, the largest queue length is the Soekarno Hatta intersection arm (East) of 270 meters and the delay time of 130 seconds, and the smallest queue length is the Ibrahim Adjie intersection arm (South) of 115 meters and the delay time of 56 second. From the results of calculations using the 1997 MKJI method and modeling using Vissim 9 PTV Software, it was found that changes in queue length and delay time were better than the existing conditions.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4