DAMPAK KENDARAAN OVERLOAD TERHADAP UMUR RENCANA JALAN

Authors

  • BAYU PRIYANDA Institut Teknologi Nasional Bandung
  • ELKHASNET Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Overload, Design Life, ASSTHO 1993, Beban Berlebih, Umur Rencana

Abstract

Kualitas sistem transportasi di suatu wilayah, salah satunya ditentukan oleh tingkat pelayanan jalan yang dilewati oleh setiap kendaraan, baik itu kendaraan ringan maupun kendaraan berat yang melebihi beban (Overloading) dari kelas jalan yang sudah ditetapkan. Semua itu mengakibatkan kerusakan jalan yang lebih cepat dari umur rencana yang sudah ditentukan pada awal perencanaan. Kendaraan berat yang menyebabkan kerusakan pada Jalan Pasar Balong Kadipaten dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kendaraan berat dengan muatan normal dan kendaraan berat dengan muatan berlebih (Overloading), pada masing-masing kendaraan tersebut berbeda nilai Ekivalen Standard Axle (ESA). Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pengumpulan data sekunder dan pengumpulan data primer. Data data yang diperoleh yaitu, data gambar jalan, data LHR tahun 2019, data berat kendaraan yang diperoleh dari Survei lapangan dengan mewawancarai pengendara terhadap isi muatan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa persentase muatan berlebih dapat menurunkan umur rencana. Angka ekivalen atau VDF untuk muatan normal selama umur rencana 20 tahun yaitu sebesar 58.024.455,15 Lss/UR/ LR sedangkan angka ekivalen atau VDF untuk muatan berlebih selama umur rencana 20 tahun yaitu sebesar 96.782.775,85 Lss/UR/ LR. Nilai Traffic Design diperkirakan akan berakhir pada umur rencana sebesar 6,26 tahun atau sebesar 62.6% dari 20 tahun yang direncanakan.


The quality of the transportation system in an area, one of which is determined by the level of road service that is passed by each vehicle, both light vehicles and heavy vehicles that exceed the load (Overloading) of the road class that has been determined. All of this results in road damage that is faster than the design life that has been determined at the beginning of planning. Heavy vehicles that cause damage to Pasar Balong Kadipaten Street can be divided into two, namely heavy vehicles with normal loads and excessive heavy vehicles (Overloading). Each of the vehicles has a different Axle Standard Equivalent (ESA) value. There are 2 data collections carried out in this study, namely secondary data collection and primary data collection. The data obtained are road image data, 2019 LHR data, vehicle weight data obtained from field surveys by interviewing drivers about the content of the load. The calculation results show that the percentage of overload can reduce the design life. The equivalent figure or VDF for normal loads during the 20 year design life is 58.024.455,15Lss/UR/LR while the equivalent number or VDF for over loads during the 20 year design life is 96.782.775,85 Lss/UR/LR. The value of Traffic Design is estimated to end at the planned life of 6.26 years or 62.6% of the planned 20 years.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4