EFEKTIVITAS PENERAPAN JALUR SEPEDA KAWASAN KOTA BANDUNG

Authors

  • IHZAR AMAL MAHDAN Institut Teknologi Nasional Bandung
  • ELKHASNET Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Effectiveness, Bike Lane, BLOS (Bicycle Level Of Service), Jalur Sepeda

Abstract

Peran transportasi di Kota Bandung sangat berpengaruh untuk membantu mobilitas penduduk itu sendiri. Pertambahan penduduk di Kota Bandung ini menyebabkan peningkatan mobilitas terus bertambah dengan halnya sarana transportasi berupa kendaraan yang menimbulkan beberapa dampak negatif. Untuk terwujudnya kota yang ramah lingkungan yaitu dengan memilih sepeda sebagai transportasi alternatif. Namun dalam kenyataan fasilitas dalam bersepeda masih kurang efektif dikarenakan jalur sepeda yang dirasa tidak aman. Permasalahan yang diangkat dan juga menjadi penelitian yakni seberapa besar tingkat efektivitas penerapan jalur sepeda di kawasan Kota Bandung. Batasan penelitian ini meliputi pengambilan data di Jalan Buah Batu dan Jalan Ir. H. Juanda. Perhitungan efektivitas menggunakan metode BLOS (Bicycle Level Of Service). Berdasarkan hasil penelitian Jalan Buah Batu didapat nilai BLOS -1,08 dimana ≤ 1,5 dikategorikan A artinya jalan tersebut sangat baik untuk sepeda, Jalan Ir. H. Juanda didapat nilai BLOS 2,75 berada pada rentang 2,5 – 3,5 dikategorikan C artinya jalan cukup baik untuk pesepeda. Untuk meningkatkan nilai BLOS ini, yaitu ketika volume lalu lintas saat menurun atau dikatakan kondisi jalan sedang sepi dan menaikkan lebar jalan.


The role of transportation in the city of Bandung is very influential to help the population density itself. This negative population growth in the city of Bandung causes an increase in growth that continues to increase with various means of transportation in the form of vehicles that cause several impacts. To realize an environmentally friendly city, namely by choosing a bicycle as alternative transportation. But in reality the facilities in cycling are still less effective because the bicycle paths are deemed unsafe. The problem raised and also a research is how big the level of application of bicycle lanes in the Bandung City area. The limitations of this research include data collection on Jalan Buah Batu and Jalan Ir. H. Juanda. Calculation of effectiveness using the BLOS (Bicycle Level Of Service) method. Based on the research on Jalan Buah Batu, a BLOS score of -1.08 was obtained where 1.5 was categorized as A, meaning that the road was very good for bicycles, Jalan Ir. H. Juanda got a BLOS score of 2.75 in the range of 2.5 – 3.5 categorized C, meaning the road is quite suitable for cyclists. To increase the BLOS value, the most influencing factors are decreasing the volume factor value and increasing the road width.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4