Analisis Tingkat Kebisingan Akibat Lalu Lintas Pada Kawasan Kampus Itenas Bandung

Authors

  • RIVALDO ZORDIN Institut Teknologi Nasional Bandung
  • OKA PURWANTI Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Traffic Volume, Noise Level, Sound Level Meter, CRTN Method, Volume Lalu Lintas, Tingkat Kebisingan

Abstract

Jalan PH.H Mustofa merupakan jalan nasional di Kota Bandung yang memiliki volume lalu lintas yang tinggi. Kondisi wilayah pada jalan tersebut didominasi oleh lingkungan perkantoran dan pendidikan. Hal tersebut berbanding lurus dengan kebisingan yang terjadi akibat kendaraan, sehingga mempengaruhi produktifitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan yang terjadi pada ruas Jalan PH.H Mustofa Bandung. Lokasi yang menjadi titik penelitian yaitu Kampus Itenas Bandung, berjarak 24meter dari ruas jalan tersebut. Data sekunder yang diambil secara langsung berupa data kebisingan, volume dan kecepatan kendaraan. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan rumus CRTN (Calculation of Road Traffic Noise) dan analisis regresi linier. Pengukuran tingkat kebisingan dilakukan selama 10 jam dari pukul 07.00 – 17.00. Hasil tingkat kebisingan yang diperoleh dengan menggunakan alat Sound Level Meter nilai paling tinggi sebesar 73.45 dB pada T1 pukul 16.00 – 17.00 dan paling rendah sebesar 58.63 dB pada T3 pukul 08.00 – 09.00. Tingkat kebisingan dengan metode CRTN yang paling tinggi sebesar 72.41 dB pada T1 pukul 16.00-17.00 dan paling rendah sebesar 68.85 pada T3 pukul 09.00 – 10.00. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kebisingan yang terjadi pada kawasan Kampus Itenas belum memenuhi standar mutu baku tingkat kebisingan menurut Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.48 tahun 1996 tentang baku mutu kebisingan 55 dB untuk kawasan persekolahan atau sejenisnya.


Jalan PH.H Mustofa is a national road in the city of Bandung which has a high traffic volume. The condition of the area on the road is dominated by the office environment and education. This is directly proportional to the noise that occurs due to vehicles, thus affecting the productivity of the community. This study aims to determine the level of noise that occurs on Jalan PH.H Mustofa Bandung. The location that became the research point was Itenas Bandung Campus, 24 meters away from the road segment. Secondary data taken directly in the form of noise data, volume and vehicle speed. In this study, the data were analyzed using the CRTN (Calculation of Road Traffic Noise) formula and linear regression analysis. Noise level measurements were carried out for 10 hours from 07.00 – 17.00. The results of the noise level obtained by using the Sound Level Meter tool have the highest value of 73.45 dB on T1 at 16.00 - 17.00 and the lowest value of 58.63 dB at T3 at 08.00 - 09.00. The highest noise level using the CRTN method is 72.41 dB on T1 at 16.00-17.00 and the lowest is 68.85 at T3 at 09.00 - 10.00. Based on the results of the study, it was found that the noise level that occurred in the Itenas Campus area did not meet the noise level standard according to the Decree of the State Minister of the Environment No.48 of 1996 concerning the 55 dB noise quality standard for school areas or the like.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4