ANALISIS KINERJA OPERASIONAL TERMINAL NILAM SEBAGAI TERMINAL PETI KEMAS DI PELABUHAN TANJUNG PERAK, SURABAYA
Keywords:
container, performance, port, kinerja, pelabuhan, peti kemasAbstract
Berdasarkan proyeksi yang dilakukan oleh kerjasama antara Kemenko Maritim dan Sumber Daya dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 2030 dan 2035 akan melonjak tinggi. Sebagai salah satu terminal yang menangani kegiatan bongkar muat peti kemas terbesar dibanding terminal lainnya, perlu dilakukan analisis kinerja operasional terminal Nilam guna mengantisipasi melonjaknya arus peti kemas. Penelitian ini memperhitungan rasio kerja kapal di tambatan, kinerja TKBM, kinerja kegiatan bongkar muat peti kemas, dan kinerja utilitas dan fasilitas terminal, yang dilakukan berdasarkan Peraturan Jenderal Perhubungan Laut Nomor HK 103/2/2/DJPL-17 dan buku Perencanaan Pelabuhan oleh Bambang Triadmodjo. Hasil analisis menunjukan pada tahun 2020 terminal Nilam memiliki beberapa kinerja yang kurang baik, seperti BCH, BSH, dan YOR. Dengan memperhitungkan arus peti kemas tahun 2035 dan dwelling time sebesar 7 hari, terjadi peningkatan YOR sebesar 486,232% sehingga sangat diperlukan perluasan lapangan penumpukan dan pengurangan dwelling time pada terminal Nilam.
Based on the projections made by a collaboration between the coordinating ministry for maritime affairs and resources with the agency for the assessment and application of technology, the container’s flow in tanjung perak port would peak in 2030 and 2035. As one of the terminals in Tanjung Perak Port that handles the loading and unloading of containers the largest compared to other terminals, the operational performance of the Nilam Terminal needs to be analyzed to anticipate the high flow of containers. This study calculates the work ratio of ships at moorings, TKBM performance, container loading and unloading activity performance, and utility and terminal facilities performance which is calculated based on the General Regulation of Sea Transportation Number HK 103/2/2/DJPL-17 and for the calculation of YOR using the Perencanaan Pelabuhan book by Bambang Triadmodjo (2009). The analysis results show that in 2020 the Nilam terminal has several poor performance, such as BCH, BSH, and YOR. By considering the container flow in 2035, there is an increase in YOR of 486,232%, it is necessary to expand the container field and increase the effectiveness of loading and unloading work at the Nilam terminal.