Analisis Kinerja Pelayanan Operasional Penumpang Pada Terminal Jambrud Di Pelabuhan Tanjung Perak

Authors

  • RIFKI MUFFADOL Institut Teknologi Nasional Bandung
  • YATI MULIATI Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Jamrud Terminal, Ship Flow, Passenger Flow, Berth Occupancy Ratio, Terminal Jamrud, Arus Kapal, Arus Penumpang

Abstract

Terminal Jambrud merupakan terminal utama yang melayani kegiatan penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak sehingga memiliki total penumpang pelayaran yang meningkat setiap tahunnya. Dengan mempertimbangkan Rencana induk Pelabuhan Tanjung Perak dimana arus penumpang 5 tahun dari 2021 yang akan melonjak tinggi, maka diperlukan analisis kinerja pelayanan operasional pada Terminal Jamrud terhadap standar kinerja guna menjamin kelancaran transportasi penumpang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sampai berapa lama Pelabuhan dapat dimanfaatkan sesuai Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Perak, dengan menghitung perkiraan arus kapal, arus penumpang, dan nilai BOR. Dari hasil perhitungan dan proyeksi arus kapal, penumpang, dan nilai BOR didapat bahwa nilai BOR terminal Jamrud memenuhi standar sampai tahun 2032, namun untuk tahun 2033 dan seterusnya nilai BOR tidak memenuhi syarat yang sebesar 70%. Sehingga waktu operasional untuk tahun 2033-2038 perlu ditingkatkan yang sebelumnya 15 jam/hari menjadi 18 jam/hari agar nilai BOR tidak melebihi 70% atau standar yang sudah ditentukan.


Jamrud Terminal is the main terminal that serves passenger activities at Tanjung Perak Port, so it has a total cruise passengers that increases every year. Taking into account the Tanjung Perak Port master plan, where the 5-year passenger flow from 2021 will soar, it is necessary to analyze the operational service performance at Jamrud Terminal against performance standards to ensure smooth passenger transportation. This study aims to determine how long the port can be used according to the Tanjung Perak Port Master Plan, by calculating the estimated ship flow, passenger flow, and BOR value. From the results of calculations and projections of ship flows, passengers, and BOR values, it is found that the BOR value of the Jamrud terminal meets the standards until 2032, but for 2033 and beyond the BOR value does not meet the requirements of 70%. So the operational time for the years 2033-2038 needs to be increased from 15 hours/day to 18 hours/day so that the BOR value does not exceed 70% or a predetermined standard.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4