Program Pemeliharaan Jalan Menggunakan Model Deteriorasi IRI HDM-III

Authors

  • MULIA DESTIAWATI HERMAWAN Institut Teknologi Nasional Bandung
  • RANNA KURNIA Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Kondisi Perkerasan Jalan, IRI, Skenario Penanganan, HDM-III

Abstract

Tingkat pelayanan jalan pada kondisi perkerasan akan menurun jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu penurunan tingkat layanan kondisi lapisan perkerasan ditandai dengan adanya kerusakan pada suatu struktur lapisan perkerasan jalan. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menentukan jenis pemeliharaan jalan yang tepat dengan berbagai permasalahan pada kondisi perkerasan lentur dengan memprediksi kondisi perkerasan jalan menggunakan persamaan model Deteriorasi IRI HDM-III. Dalam persamaan model Deteriorasi IRI HDM-III, data utama yang digunakan dalam persamaan ini adalah nilai IRI (International Roughness Index) yang pada penelitian ini di dapat dari survei fungsional perkerasan di ruas jalan poros Samarinda – Bontang kawasan Desa Tanah Datar menggunakan aplikasi android Roadbump Pro. Untuk mempermudah peneliti, ruas jalan ditinjau sepanjang 5 km mulai dari STA 15+000 hingga STA 20+000. Hasil dari pengujian dan analisa data nilai IRI menggunakan aplikasi Roadbump Pro, sangat mempengaruhi dalam memprediksi kondisi perkerasan jalan untuk 5 tahun mendatang yaitu dari tahun 2022 hingga 2026. Pada penelitian ini program pemeliharaan dan penanganan jalan diasumsikan menggunakan 2 (dua) skenario, yaitu skenario do something dan do nothing agar memudahkan peneliti dalam memprediksi kapan perkerasan jalan harus dilakukan penanganan dan pemeliharaan yang tepat dan efektif sehingga membutuhkan dana yang lebih murah.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4