ANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN SUMBER DAYA AIR DAN ENERGI SERTA PANGAN MAHASISWA ITENAS TERHADAP PERUBAHAN IKLIM

Authors

  • Lorentius Dimas Dwiavista Putra Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Fransiska Yustiana Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Use of resources, Climate Change, Bandung National Institute of Technology, Penggunaan sumber daya, Perubahan Iklim, Institut Teknologi Nasional Kota Bandung

Abstract

Permintaan global akan air, energi, dan makanan didorong oleh peningkatan populasi yang cepat, urbanisasi, dan perubahan iklim di perkirakan akan meningkat lebih dari 50% pada tahun 2050. Maka dari itu, pola pemakaian air, energi dan pangan masyarakat harus di perhatikan karena banyaknya faktor yang harus di perbaiki mengenai penggunaan air, energi, dan pangan. Masyarakat juga harus bisa menangani adanya perubahan iklim yang terjadi karena perubahan iklim terjadi tidak hanya karena fenomena alam tetapi ada faktor perilaku manusia itu sendiri. Hasil penelitian menunjukan penggunaan sumber daya air, energi dan pangan sudah cukup baik karena hanya 2 atribut pertanyaan yang berada di kuadran 1 yang perlu di tingkatkan. Sementara tingkat kinerja mahasiswa sudah baik dalam pemanfaatan serta penghematan sumber daya air, energi dan pangan seperti mencuci peralatan dapur menggunakan keran, menggunakan kendaraan umum, tidak menyalakan lampu disiang hari, mematikan alat elektronik setelah dipakai, memakai penampungan air, dan tidak memasak makanan setiap harinya.


Global demand for water, energy, and food driven by rapid population increase, urbanization, and climate change is expected to increase by more than 50% by 2050. Therefore, the pattern of people's water, energy and food use must be considered because of the large number of people who use water, energy and food. factors that must be improved regarding the use of water, energy, and food. The community must also be able to handle climate change that occurs because climate change occurs not only because of natural phenomena but also human behavior factors. The results showed that the use of water, energy and food resources was quite good because only 2 question attributes in quadrant 1 needed to be improved. Meanwhile, the level of student performance is good in the utilization and saving of water, energy and food resources such as washing kitchen utensils using the faucet, using public transportation, not turning on the lights during the day, turning off electronic devices after use, using water reservoirs, and not cooking food every day.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4