FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PRIBADI MENUJU PUSAT PERBELANJAAN KOTA BANDUNG

Authors

  • CINDY CITRA HUSADA Institut Teknologi Nasional Bandung
  • RATNA AGUSTINA Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Transportasi Pribadi, Pusat Perbelanjaan, Private Transportation, Shopping Center

Abstract

Kota Bandung dikenal sebagai tempat yang memiliki lokasi rekreasi, tempat pusat perbelanjaan. Salah satu tempat wisata belanja yang menimbulkan kemacetan di Kota Bandung yaitu pusat perbelanjaan Mall Paris Van Java (PVJ). BPS Kota Bandung kendaraan di Kota Bandung tahun 2018 berjumlah 1.738.672 unit yang artinya hampir setiap penduduk memiliki kendaraan pribadi dan mayoritas penduduk di Kota Bandung lebih sering menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan suatu perjalanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi pribadi menuju pusat perbelanjaan Mall PVJ. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan analisis logit biner faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi pribadi menuju pusat perbelanjaan Mall Paris Van Java (PVJ) yang berpengaruh yaitu faktor dari kendaraan mobil yaitu kepemilikan kendaraan, jumlah penumpang, biaya bensin, biaya parkir dan alasan memilih menggunakan kendaran pribadi dibandingkan angkutan umum.


The city of Bandung is known as a place that has recreational locations, shopping centers. One of the shopping attractions that causes congestion in the city of Bandung is the Paris Van Java Mall (PVJ) shopping center. BPS Bandung City vehicles in Bandung City in 2018 amounted to 1,738,672 units, which means that almost every resident has a private vehicle and the majority of residents in Bandung City more often use private vehicles to travel. This study was conducted to identify the factors that influence the choice of private transportation mode to the PVJ Mall shopping center. Based on research that has been carried out using binary logit analysis, the factors that influence the choice of private transportation modes to the Paris Van Java Mall (PVJ) shopping center that influence the factors of the car are vehicle ownership, number of passengers, gasoline costs, parking fees and reasons for choosing using private vehicles instead of public transportation.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4