STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA SEIN FARM DI KECAMATAN CIBIRU, KOTA BANDUNG

Authors

  • MUHAMMAD DWI UTAMA Institut Teknologi Nasional Bandung
  • SONY HERDIANA Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Tourist Destination, tourism component 3A, Likert Scale, SWOT, Strategi, Destinasi Wisata, Komponen Pariwisata 3A

Abstract

Sein Farm merupakan destinasi wisata yang berada di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung yang berlokasi di kaki Gn. Manglayang dan sawah abadi Cibiru serta memiliki 6 (enam) atraksi yang menjadikan daya tarik wisata untuk digemari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan destinasi wisata Sein Farm di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung untuk meningkatkan daya tarik wisata. Berdasarkan pernyataan diatas, peneliti melakukan penelitian dengan metode Skala Likert dan SWOT. Sampel yang digunakan yaitu wisatawan yang telah berkunjung ke Sein Farm. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sein Farm memiliki strategi di kuadran II, yang artinya pengelola perlu melakukan penambahan strategi agar dapat menanggulangi ancaman yang datang. Strategi tersebut berupa pemerintah seharusnya mengalokasikan dana khusus kepada Sein Farm, melaksanakan protokol kesehatan dengan ketentuan yang telah diberikan oleh pemerintah, melakukan promosi kreatif mengenai keunikan dan kemenarikan atraksi di Sein Farm pada media sosial, dan Meningkatkan keunikan dan kemenarikan atraksi dengan memanfaatkan potensi yang ada.



Sein Farm is a tourist destination located in Cibiru District, Bandung City which is located at the foot of Mt. Manglayang and Cibiru eternal rice fields and has 6 (six) attractions that make it a tourist attraction to be loved by the public. This study aims to analyze the development strategy of the Sein Farm tourist destination in Cibiru District, Bandung City to increase tourist attraction. Based on the statement above, the researcher conducted a study using the Likert Scale and SWOT methods. The samples used are tourists who have visited Sein Farm. The results showed that Sein Farm has a strategy in quadrant II, which means that managers need to add strategies in order to overcome the threats that come. The strategy is in the form of the government should allocate special funds to Sein Farm, implement health protocols with the provisions that have been given by the government, carry out creative promotions regarding the uniqueness and attractiveness of attractions at Sein Farm on social media, and increase the uniqueness and attractiveness of attractions by utilizing the existing potential.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4