Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Ruang Publik di Alun-alun Ujungberung Kota Bandung

Authors

  • ANDIFA MAHARANI RISHA Institut Teknologi Nasional Bandung
  • WIDYA SURYADINI Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Ruang Publik, Kualitas Pelayanan Publik, , Fasilitas Penunjang, Seven Basic Tools

Abstract

Ruang publik merupakan salah satu elemen kota yang memiliki peran penting bagi masyarakat. Alun-alun Ujungberung merupakan ruang publik yang dipergunakan oleh seluruh masyarakat dan memiliki beberapa fasilitas penunjang. Jika masyarakat menggunakan fasilitas yang ada, masyarakat juga harus merasakan kualitas pelayanan dalam serviceability untuk fasilitas penunjang. Pemanfaatan ruang publik ini masyarakat menilai apakah service untuk fasilitas penunjang telah memiliki tingkat kenyamanan, keamanan, kebersihan, kelengkapan dan kelayakan. Oleh karena itu, perlu melihat persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan ruang publik di Alun-alun Ujungberung Kota Bandung. Dalam menganalisis objek menggunakan metode seven basic tools langkah yang diambil yaitu checksheet, histogram, diagram pareto, dan fishbone. Berdasarkan hasil penelitian persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan ruang publik untuk fasilitas penunjang adanya faktor potensi permasalahan dari kelima dimensi yang ada untuk fasilitas penunjang yaitu di tingkat keamanan dan tingkat kebersihan. Dari kedua dimensi itulah yang harus ditanggulangi terlebih dahulu dari segi fasilitas penunjang di Alun-alun Ujungberung Kota Bandung.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 4