Perancangan Geometrik Jalan Ruas Teluk Air Putih–Simpang Pasar Besar Menggunakan Software AutoCAD Civil 3D 2018
Keywords:
Road Geometry Design, AutoCAD Civil 3D, Trace Road Design, Perencanaan Geometrik Jalan, Desain Trase JalanAbstract
Ruas jalan Teluk Air Putih – Simpang Pasar Besar Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan, Padang merupakan penghubung dari setiap kawasan yang ada. Perencanaan geometrik pada penelitian ini menggunakan Software AutoCAD Civil 3D, dengan menggunakan software ini didapatkan waktu yang efisien dalam mendesain pembuatan trase jalan meliputi alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, dan volume pekerjaan tanah (galian dan timbunan). Lokasi penelitian ini berada pada wilayah perbukitan, fungsi jalan lokal sekunder dengan kecepatan rencana 50 km/jam, lebar jalan 7,5 meter dan lebar bahu 1 meter dengan masing-masing kemiringan 2% untuk badan jalan dan 4% untuk bahu jalan. Perencanaan geometrik ini dibuat dengan 3 alternatif trase yang dibuat dengan membandingkan panjang trase dan jumlah galian dan timbunan menjadi pertimbangan memilih trase untuk dilanjutkan pada evaluasi pada tahap perhitungan manual agar hasil sofware autocad dan manual sesuai kaidah yang ada. Hasil analisis yang telah dilakukan didapat desain trase jalan dengan panjang 1.640 meter dan jumlah lengkung 2 tikungan pada alinyemen horizontal dengan jenis lengkung full circle dan 6 buah lengkung vertikal dengan jenis lengkung cekung dan cembung. Adapun total untuk volume pekerjaan tanah sebesar 16.032 m3 untuk pekerjaan galian dan 16.387 m3 untuk pekerjaan timbunan.
Section Roads of Teluk Air Putih – Simpang Pasar Besar at Sangir Districs, South Solok Regency, Padang was a link of every region. Geometric Plan in this study was using AutoCAD Civil 3D Software, which by using this software we will got efficient time in designing road traces includes horizontal alignment, vertical alignment, and volume of soil work (cut and fill). The location of this study is in the hilly area and secondary local function of road with plan speed 50 km/hour, main road width 7,5 meters and roadside width 1 meters, which each slope 2% for main road and 4% for roadside. These geometric road plan is made with 3 alternative traces made by comparing the length of the trace and volume of cut and fill which are considered for choosing a right traces to continue in the manual calculation stage so AutoCAD result dan manual result will be according to existing rules/principal. Result of analysis which has been done and was obtained, 1.640 meters length of road traces design, 2 pieces curve at horizontal alignment with type of curve full circle, 6 pieces curve at vertical alignment with type of curve concave and convex, and total volume of soil work was 16.032 m3 for cut and 16.387 m3 for fill.