Perbandingan Metode Analisis Potensi Likuefaksi Berdasarkan Data CPT Studi Kasus Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Seksi II

Authors

  • ALDZULFIKAR AHMAD FARIS Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung
  • IKHYA Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung
  • PRATIWI DESTI SANTI Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Gempa, Likuefaksi, Metode Analisis, CSR, CRR, CPT, Percepatan Puncak

Abstract

ABSTRAK
Kerusakan infrastruktur yang sering dijumpai di Indonesia bukan hanya diakibatkan oleh gaya dinamis gempa namun juga dapat dipengaruhi oleh respon tanah di bawahnya ketika gempa terjadi salah satunya adalah fenomena likuefaksi. Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi, Jawa Timur berada pada zona kerentanan likuefaksi sedang dan berada dekat dengan sesar Probolinggo yang memiliki pegerakan 0,2mm pertahun dan memiliki besar magnitudo 6.5 Mw. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur potensi likuefaksi yang mungkin terjadi pada proyek pembangunan tol Probolinggo – Banyuwangi dengan menggunakan data Cone Penetration Test (CPT) berdasarkan metode analisis Shibata & Terapaksa, Robertson & Wride, Youd & Idriss, Juang et. al dan Idriss & Boulanger untuk mencari nilai rasio tegangan siklik (CSR) dan rasio tahanan siklik (CRR). Analisis potensi likuefaksi menggunakan peta bahaya gempa 2017 dengan klasifikasi situs tanah lunak dan sedang.

Downloads

Published

2021-09-03

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 1