Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Tol Cikopo-Palimanan

Authors

  • DICKY ARYA HUTAMA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional
  • YEYET HUDAYAT Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional

Keywords:

Accident Prone Areas, AEK, BKA, UCL, Lokasi Rawan Kecelakaan

Abstract

The frequent occurrence of traffic accidents on Cikopo-Palimanan Toll Road results in a decrease in road performance, reducing the sense of comfort and endangeringroad users' safety. The purpose of this research is to find out the areas that are prone to accident. Trafic accident data occurring in 2017-2021 was obtained from PT Lintas Marga Sedaya. By doing the calculation analysis using the AEK, BKA and UCL methods. Based on the AEK value, it can be concluded that several segments are above the BKA and UCL values, namely route A 5 kilometer segment 113-114, 9 kilometer segment 117-118, 14 kilometer segment 122-123, 24 kilometer segment 132-133, and 25 kilometer segment 133-134 . Whereas, accident-prone locations route B 1 kilometer segment 138-137, 5 kilometer segment 134-133, 21 kilometer segment 118-117, 23 kilometer segment 116-115, 25 kilometer segment 114-113, and 26 kilometer segment 113-112, meaning these segments are accident-prone areas. Some of the things that are done to reduce accidents are by adding rumble strips, installing signs, and forming a traffic accident handling team.
Keywords: Accident Prone Areas, AEK, BKA, UCL

ABSTRAK
Sering terjadinya peristiwa kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan berakibat pada penurunan kinerja ruas jalan, mengurangi rasa kenyamanan, dan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui daerah rawan kecelakaan. Data kecelakaan lalu lintas terjadi pada tahun 2017-2021 diperoleh dari PT Lintas Marga Sedaya. Dalam melakukan analisis perhitungan menggunakan metode AEK, BKA dan UCL. Berdasarkan nilai AEK terlihat beberapa segmen berada diatas nilai BKA dan UCL yaitu rute A segmen 5 kilometer 113-114, segmen 9 kilometer 117-118, segmen 14 kilometer 122-123, segmen 24 kilometer 132-133, dan segmen 25 kilometer 133-134. Sedangkan lokasi rawan kecelakaan rute B segmen 1 kilometer 138-137, segmen 5 kilometer 134-133, segmen 21 kilometer 118-117, segmen 23 kilometer 116-115, segmen 25 kilometer 114-113, dan segmen 26 kilometer 113-112, artinya di segmen tersebut merupakan daerah rawan kecelakaan. Beberapa hal yang dilakukan untuk mengurangi kecelakaan adalah penambahan rumble strip, pemasangan rambu, dan membentuk tim penanganan kecelakaan lalu lintas.
Kata Kunci: Lokasi Rawan Kecelakaan, AEK, BKA, UCL

Downloads

Published

2023-05-23

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 5