ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN E-TOLL DENGAN MULTI LANE FREE FLOW (MLFF) STUDI KASUS: GERBANG TOL PASTEUR

Authors

  • LUTHFI RAMADHANSYAH RANGKUTI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan , Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

e-Toll, Multi Lane Free Flow (MLFF),, analisis kerugian BBM, jalan bebas hambatan, tundaan, antrian

Abstract

Analisis ini dilakukan untuk membandingkan sistem pengendalian jalan masuk menggunakan sistem tapping kartu e-Toll dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF), dimana yang dianalisis adalah besarnya tundaan, panjang antrian dari tingkat kedatangan dan waktu pelayanan terhadap konsumsi bahan bakar. Penggunaan sistem tapping kartu e-Toll menyebabkan adanya tundaan dengan total 140 detik pada gerbang tol Pasteur 2 dan total tundaan 49 detik pada gerbang tol Pasteur 1, yang mengakibatkan kerugian terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak yaitu dengan total 5.198 liter pada gerbang tol Pasteur 2 dan 1.548 liter pada gerbang tol Pasteur 1. Penggunaan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) tidak menyebabkan tundaan, sehingga total kerugian konsumsi Bahan Bakar Minyak adalah 0 liter pada gerbang tol Pasteur 2 dan gerbang tol Pasteur 1. Penggunaan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk pengendalian jalan masuk di gerbang tol Pasteur 1 dan Pasteur 2 efektif jika ditinjau terhadap konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Downloads

Published

2023-05-23

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 5