ANALISIS SPASIAL JANGKAUAN LAYANAN POS (STUDI KASUS: PT. POS INDONESIA REGIONAL I)

Authors

  • KARLINA DWIDJAYANTI BAMBANG
  • SUMARNO

Keywords:

Jangkauan layanan, Network Analyst, Pos Indonesia

Abstract

PT. Pos Indonesia dituntut untuk melakukan transformasi menghadapi dinamika bisnis yang kian cepat dengan perkembangan teknologi. PT. Pos Indonesia akan memperluas jaringannya terutama dalam menggarap bisnis kurir dan logistik agar jangkauan layanannya dapat menyentuh semua masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Pada penelitian ini, analisis jangkauan layanan pos dilakukan pada wilayah Regional I PT Pos Indonesia. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan service area analysis untuk mendapatkan jangkauan layanan kantor pos. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi wilayah batas administrasi kecamatan dan permukiman yang terlayani dan tidak terlayani oleh pos LPU dan LPK. Hasil analisis menunjukkan jumlah permukiman kecamatan yang tidak terlayani oleh LPU pada radius 3 km, 5 km, dan 10 km berturut-turut adalah 167, 133, dan 80 di Provinsi Aceh dan 268, 231, dan 152 di Provinsi Sumatera Utara. Wilayah tidak terlayani tersebut perlu dipertimbangan untuk melakukan pembangunan kantor pos agar seluruh wilayah dapat terlayani oleh PT. Pos Indonesia. 

Downloads

Published

2023-05-23

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 5