Identifikasi Pengaruh Public Space Terhadap Kondisi Emosional Pengunjung Dalam Pemanfaatan Pelayanan Pemerintahan di Balai Kota Bandung

Authors

  • YUNITHA INDRA KUSUMA
  • SONY HERDIANA

Keywords:

Ruang Publik, Kondisi Emosional, Pelayanan Pemerintahan

Abstract

Kota Bandung memiliki ruang terbuka sekaligus menjadi tempat pelayanan publik, salah satunya dikenal dengan Taman Balai Kota Bandung. Pada tahun 2019, Ombudsman Jawa Barat banyak menerima pengaduan terkait pelayanan Pemerintah Kota Bandung, berdasarkan rilis yang diterima laporan yang disampaikan Ombudsman terhadap pemerintah daerah (Kabupaten/Kota) dengan jumlah terbanyak masih dipegang Pemerintah Kota Bandung sebesar 50% atau sebanyak 39 laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh public space terhadap kondisi emosional pengunjung dalam pemanfaatan pelayanan pemerintahan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berdasarkan
data yang didapatkan dari hasil observasi lapangan dan kuesioner yang disebarkan ke 100 pengunjung
yang menggunakan layanan pemerintahan dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian karakteristik pengunjung didominasi oleh pengunjung yang akan melakukan pelayanan pemerintahan. skor pengaruh taman bagi pengguna pelayanan pemerintahan dengan skor sebesar 83% (puas), dan untuk kualitas pelayanan publik di Balaikota Bandung dengan skor 79% (puas), kemudian skor kondisi emosional pengguna pelayanan pemerintahan dengan skor sebesar 76% (bahagia) dimana secara keseluruhan pengaruh public space terhadap kondisi emosional pengunjung dalam pemanfaatan pelayanan pemerintahan cukup berpengaruh dengan skor 79% (puas dan bahagia). Taman labirin adalah taman yang memberikan perubahan paling signifikat bagi kondisi emosional pengguna layanan
pemerintahan.

Downloads

Published

2023-05-23

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 5