Potensi Wisata Kuliner Dalam Mendukung City Branding Kota Bandung

Authors

  • DINI ANGGRAINI
  • Widya Suryadini

Keywords:

wisata kuliner, city branding, potensi

Abstract

Tingginya minat masyarakat terhadap wisata kuliner berdampak positif pada ekonomi serta pariwisata yang
terjadi khususnya wisata kuliner sehingga akan dapat membentuk citra positif dalam merepresentasikan Kota Bandung, tingginya minat masyarakat terhadap wisata kuliner juga menimbulkan gaya hidup baru bagi masyarakat sehingga makanan tidaklah hanya menjadi kebutuhan primer melainkan menjadi kebutuhan tersier. Potensi wisata kuliner Kota Bandung sangat lah besar dalam city branding. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana potensi wisata uliner dalam mendukung City Branding Kota Bandung dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan pendekatan ekploratif. Pada analisis isi kuantitatif mengutamakan aspek keluasan data sehingga nantinya hasil dari penelitian ini dapat merepresentasikan dari seluruh wisata kuliner Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan studi dokumentasi pada situs Pergi Kuliner dan Zomato dengan mencari kata kunci pada setiap variabelnya, yaitu product, place dan price yang kemudian frekuensi tersebut dicari melalui pengolahan coding kata kunci sehingga hasil frekuensi tersebut dapat mendukung potensi wisata kuliner dalam city branding Kota Bandung.

Downloads

Published

2023-05-23

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 5