Penanganan Kerusakan Jalan dan Anggaran Biaya Perbaikan Ruas Jalan Rancah – Cileungsir Kabupaten Ciamis Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Road Condition Index (RCI)

Authors

  • ANTONIO BAPTISTA MAGALHAES Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • SOFYAN TRIANA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

PCI, RCI, Handling Cost, Condition Value

Abstract

Road maintenance is one of the road preservation activities in the form of prevention, maintenance, and repair needed to maintain road conditions so that they continue to function optimally and serve traffic so age of service plan can be accomplhised (Permen PU No. 13/PRT/M/2011 Regarding Surveillance Procedures Street, 2011). Data analysis was carried out on the assessment parameters of each method to obtain road condition values to classify treatment recommendations and estimate the costs required. Refer to analysis results, a PCI value of 67.47 with Enough conditions is Rehabilitation maintenance and RCI value of 5.7 with medium conditions is periodic maintenance. There are differences in road condition values between the PCI and RCI methods. The maintenance cost of the PCI and RCI methods is Rp. 14,715,869,655. There is a similarity in maintenance cost from use the same reference, using the IRI value based on the Road Pavement Design Manual No. 02/M/BM/2017 and Road Routine Maintenance Improvement Standards No. 001-02/M/BM/2011.
Keywords: PCI, RCI, Handling Cost, Condition Value


ABSTRAK
Pemeliharaan jalan adalah salah satu kegiatan penanganan jalan berupa pencegahan, pemeliharaan dan perbaikan yang diperlukan untuk memelihara kondisi jalan agar tetap berfungsi optimal melayani lalu lintas sehingga dapat tercapai umur rencana yang ditentukan (Permen PU No. 13/PRT/ M/2011 Tentang Tata Cara Penilikan Jalan, 2011). Analisis data dilakukan terhadap parameter penilaian masing masing metode untuk mendapatkan nilai kondisi jalan untuk mengklasifikasikan rekomendasi penanganan dan memperkirakan biaya yang diperlukan. Berdasarkan hasil analisis, nilai PCI 67,47 dengan kondisi Cukup penanganannya adalah Rehabilitasi serta nilai RCI 5,7 dengan kondisi sedang penanganannya adalah pemeliharaan berkala. Terdapat perbedaan nilai kondisi jalan antara metode PCI dan RCI. Biaya penanganan menurut metode PCI dan RCI adalah sama yaitu Rp. 14.715.869.655. Terdapat kesamaan biaya penanganan karena acuan dalam penanganannya sama yaitu menggunakan nilai IRI berdasarkan Manual Perancangan Perkerasan Jalan No. 02/M/BM/2017 dan Standar Perbaikan Pemeliharaan Rutin Jalan No. 001-02 /M/BM/2011.
Kata kunci: PCI, RCI, Biaya Penanganan, Nilai Kondisi

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6