Analisis Struktur Jembatan Steel U Girder dengan Variasi Bentuk Diafragma

Authors

  • Mochammad Fahmi Fakhruddin Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Badriana Nuranita Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

bridge diaphragm variation, stress ratio, deflection, Variasi Diafragma Jembatan, Rasio Tegangan, Lendutan

Abstract

Bridges have various types and types of existing superstructures. The superstructure of the bridge is the parts of the bridge that transfer the loads of the bridge deck towards horizontal bearings which include the main girder, diaphragm, bridge slab, bearings and tread plates. Modification of the shape of the diaphragm variations on bridges with the same span in this study aims to find out which alternative design produces a bridge that meets the requirements and is the most optimal in terms of strength, stiffness. The results showed that the existing bridge with a variation of the V-diaphragm shape can be used as an alternative bridge design, with the results of examining the stress ratio value obtained is less than 1, the deflection value that occurs is 31.2524 mm less than the allowable deflection of 100 mm.
Keywords: bridge diaphragm variation, stress ratio, deflection

ABSTRAK
Jembatan memiliki berbagai macam jenis dan tipe bangunan atas yang ada. Struktur atas jembatan merupakan bagian-bagian jembatan yang memindahkan beban-beban lantai jembatan ke arah perletakan horizontal yang meliputi gelagar utama, diafragma, pelat lantai jembatan, perletakan dan pelat injak. Dilakukan modifikasi bentuk variasi diafragma pada jembatanan dengan bentang yang sama pada penelitian ini bertujuang untuk mengetahui desain alternatif mana yang menghasilkan jembatan yang memenuhi persyaratan dan paling optimal dari segi kekuatan, kekakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jembatan eksisting dengan variasi bentuk diafragma V dapat dijadikan alternatif desain jembatan, dengan hasil pemeriksaan pada nilai tegangan rasio yang di peroleh kurang dari 1, nilai lendutan yang terjadi sebesar 31,2524 mm kurang dari lendutan yang diizinkan yaitu sebesar 100 mm.
Kata kunci: Variasi Diafragma Jembatan, Rasio Tegangan, Lendutan.

 

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6