Analisis Stabilitas Timbunan Dan Perbaikan Tanah Lunak Metode Pvd+Preloading Menggunakan Plaxis 2d (Proyek Jalan Tol Padang – Sicincin Sta 10+369)

Authors

  • RAIHAN MUHAMMAD RAFI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • IMAM ASCHURI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

perbaikan tanah, tanah lempung lunak, Prefabricated Vertical Drain preloading,, konsolidasi tanah, variasi pola pemasangan Prefabricated Vertical Drain, variasi jarak spasi Prefabricated Vertical Drain, PLAXIS 2D.

Abstract

Permasalahan tanah lunak dapat diatasi dengan metode perbaikan tanah yaitu dengan preloading, namun metode ini memerlukan waktu konsolidasi yang sangat lama. Sehingga perlu dilakukan dengan metode Prefabricated Vertical Drain (PVD) + preloading yang merupakan salah satu alternatif untuk memperbaiki tanah lunak jenuh air dimana PVD akan mengalirkan air pori tanah lebih cepat sehingga waktu konsolidasi akan lebih cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja dari pengaruh variasi pola PVD, jarak pemasangan PVD, kedalaman PVD dan analisis penurunan yang terjadi pada kondisi eksisting menggunakan PLAXIS untuk dibandingkan dengan data monitoring lapangan. Hasil analisis variasi yang efisien 12,2 % lebih cepat dari segi waktu yaitu menggunakan pola pemasangan segitiga, jarak spasi PVD 1 meter, dan kedalaman PVD full penetration. Kata kunci: perbaikan tanah, tanah lempung lunak, Prefabricated Vertical Drain + preloading, konsolidasi tanah, variasi pola pemasangan Prefabricated Vertical Drain, variasi jarak spasi Prefabricated Vertical Drain, PLAXIS 2D

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6