Analisis Hubungan Antara Aksesibilitas Objektif Dan Subjektif dalam Penggunaan Angkutan Umum di Kota Bandung

Authors

  • AHMAD THAREQ SOEKARNO Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • DWI PRASETYANTO Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • MUHAMAD RIZKI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Aksesibilitas, Kendaraan Umum, Akesibilitas Objektif, Aksesibilitas Subjektif, QGIS, Gmaps, IBM SPSS, Regresi Linear

Abstract

Aksesibilitas ini memiliki banyak konsep yang dimana konsep ini memungkinkan individu untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan melakukan aktivitas perjalanan sampai ke tujuan dengan sistem transportasi. Kegiatan transportasi dapat menggunakan angkutan pribadi dan/atau umum. Aksesibilitas angkutan umum ini penting dievaluasi untuk meningkatkan penggunaannya dimasa mendatang. Adapun aksesibilitas ini umumnya selalu diukur dengan mengabaikan persepsi pelaku perjalanan dan hal ini membuat perencanaan transportasi tidak sesuai dengan keinginan pelaku perjalanan. Dengan penelitian ini akan mengkaji analisis hubungan antara aksesibilitas objektif dan subjektif dalam penggunaan angkutan umum di kota bandung dengan metode Regresi Linear Berganda. Penelitian ini jua menggunakan aplikasi QGIS dan Gmaps sebagai penentuan jarak dan untuk IBM SPSS ini juga menelaah nilai statistik jarak yang didapat. Dari hasil analisis Regresi Linear Berganda terdapat bahwa jarak sebenarnya QGIS dan Gmaps memiliki pengaruh positif kepada selisih dengan persepsi individu. Kata Kunci: Aksesibilitas, Kendaraan Umum, Akesibilitas Objektif, Aksesibilitas Subjektif, QGIS,
Gmaps, IBM SPSS, Regresi Linear

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6