Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Terminal Tipe A Subang dengan Integrasi Metode IPA-Kano

Authors

  • RIZKA FAUZIA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • DWI PRASETYANTO Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Passenger Satisfaction, Importance Performance Analysis Method, Kano Method, IPA-Kano Integration, Kepuasan Penumpang, Metode Importance Performance Analysis, Metode Kano, Integrasi IPA-Kano

Abstract

Subang Terminal is a type A passenger terminal and is the largest main terminal in Subang Regency. Its existence is very vital to contribute to the efficiency of the Subang people's travel in the use of public transportation modes and also as a contribution to Regional Original Revenue (PAD), thus demanding that the Subang terminal has good service quality. The quality of these services can be measured using IPAKano integration. This method is a combination of The Importance Performance Analysis (IPA) method and the Kano method. The IPA method compares the assessment of the importance level with the performance level which is grouped into 4 quadrants. While the Kano method is an assessment of the existence of an indicator that is grouped into 6 categories. The results of the IPA-Kano integration are classified into 12 categories with different strategic priority levels. From the results of processing the questionnaire data which was distributed randomly to 100 passengers at the Subang terminal with 26 assessment attributes, 26 indicators were obtained that affected the quality of service where three of them needed to get the first priority to be improved, namely ticket sales counters, media for complaints of security disturbances, and service information. Key words: Passenger Satisfaction, Importance Performance Analysis Method, Kano Method, IPA-Kano Integration

ABSTRAK
Terminal Subang adalah terminal penumpang tipe A dan merupakan terminal induk terbesar di Kabupaten Subang. Keberadaannya sangat vital untuk memberikan kontribusi bagi efisiensi perjalanan masyarakat Subang dalam penggunaan moda angkutan umum dan juga sebagai sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga menuntut terminal Subang memiliki kualitas pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan tersebut dapat diukur menggunakan integrasi IPA-Kano. Metode ini merupakan penggabungan antara metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Kano. Metode IPA membandingkan penilaian tingkat kepentingan dengan tingkat kinerja yang dikelompokan menjadi 4 kuadran. Sedangkan metode Kano merupakan penilaian terhadap keberadaan suatu indikator yang dikelompokan menjadi 6 kategori. Hasil integrasi IPA-Kano diklasifikasikan kedalam 12 kategori dengan tingkat strategi prioritas yang berbeda. Dari hasil pengolahan data kuisioner yang dibagikan secara acak kepada 100 penumpang di Terminal
Subang dengan 26 atribut penilaian, diperoleh 26 indikator yang mempengaruhi kualitas pelayanan dimana tiga diantaranya perlu mendapatkan prioritas pertama untuk ditingkatkan yaitu loket penjualan tiket, media pengaduan keamanan, dan informasi pelayanan. Kata kunci: Kepuasan Penumpang, Metode Importance Performance Analysis, Metode Kano, Integrasi IPA-Kano

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6