Pengaruh Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti Pada Arus Lalu Lintas di Pintu Tol Buah Batu Kota Bandung

Authors

  • ALWIN MAULANA
  • DWI PRASETYANTO

Keywords:

Antrian, Single Lane-Free Flow, Kecepatan, Tol

Abstract

Sistem transaksi pembayaran tol yang saat ini digunakan yaitu menggunakan kartu elektronik dan dirasa belum efektif untuk menanggulangi antrian kendaraan yang ingin melakukan transaksi. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata kendaraan menunggu dalam sistem dan antrian yaitu 10 kendaraan dan 9 kendaraan dengan rata-rata waktu kendaraan menunggu dalam sistem dan antrian sebesar 51,84 detik dan 46,8 detik. Dengan meningkatnya ilmu pengetahuan teknologi, saat ini mulai dikembangkan suatu metode transaksi yang memungkinkan pengguna jalan tol untuk tidak perlu menghentikan kendaraannya yang disebut dengan Sistem Single Lane-Free Flow dan Multi Lane Free Flow. Sistem bayar tol tanpa henti memiliki kelebihan dibandingkan dengan sistem kartu elektronik, memiliki potensi untuk menghilangkan waktu transaksi dan meningkatkan kelancaran arus lalu lintas. Kecepatan kendaraan yang melewati pintu tol SLFF didesain untuk kecepatan 30 km/jam, namun berdasarkan hasil uji kecepatan yang melewati pintu tol dengan sistem SLFF di ruas tol Jakarta-Cikampek diperoleh kecepatan rata-rata berkisar 21,755 km/jam – 31,186 dan masih dapat terdeteksi. Berdasarkan hal tersebut apabila kecepatan lebih 30 km/jam masih dapat ditoleransikan dengan Batasan kecepatan tertentu. 

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6