Evaluasi Geometrik pada Jalur Penyelamat Tanjakan Emen, Kabupaten Subang
Keywords:
Jalur penyelamat, Tanjakan Emen, Panjang, Geometrik, KelandaianAbstract
Tanjakan Emen salah satu jalan provinsi di Jawa Barat. Geometrik jalan pada Tanjakan Emen memiliki karakteristik turunan dan tanjakan yang berkelok sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Pembangunan jalur penyelamat menjadi solusi untuk menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Geometrik pada jalur penyelamat harus diperhatikan untuk dapat menghentikan kendaraan yang kehilangan kendali atau rem blong. Saat ini jalur penyelamat eksisting yang ada memiliki panjang 77 meter dengan kelandaian 8,7% pada jalur penyelamat 1, 93 meter dengan kelandaian 6,9% pada jalur penyelamat 2, dan 110 meter dengan kelandaian 5,2% pada jalur penyelamat 3. Maka dari itu dibutuhkan perpanjangan arrester bed pada jalur penyelamat 1 sepanjang 112,20 meter, jalur penyelamat 2 sepanjang 270,33 meter, dan jalur penyelamat 3 sepanjang 248,37 meter. Selain diperpanjang dapat dilandaikan dengan kelandaian pada jalur penyelamat 1 menjadi sebesar 24%, kelandaian pada jalur penyelamat 2 menjadi sebesar 67,5% dan kelandaian pada jalur penyelamat 3 menjadi sebesar 42,5%.