Structural Health Monitoring System (SHMS) pada Jembatan Fisabilillah Batam

Authors

  • Moch. Hafizh Alfianza Zahdian
  • Bernardinus Herbudiman
  • Panji Krisna Wardana

Keywords:

Jembatan Khusus, Monitoring Kesehatan Jembatan, Structural Health Monitoring System (SHMS).

Abstract

Jembatan merupakan salah satu infrastruktur untuk konektivitas darat, yaitu jalan yang terletak di
atas permukaan air dan atau di atas permukaan tanah. Jembatan terbagi menjadi jembatan standar dan non standar/jembatan khusus. Disebut, jembatan khusus karena membutuhkan penanganan khusus dalam desain maupun pelaksanaan konstruksinya (Kemen PUPR, 2015)
Jembatan Fisabilillah merupakan salah satu jembatan yang menjadi simbol kota Batam dan menjadi daya tarik wisata. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 641,8 meter dan lebar sekitar 21,5 meter. Jembatan ini juga merupakan salah satu jalan yang sangat penting bagi masyarakat dalam
beraktivitas sehari-hari. Pemantauan dilakukan dengan menggunakan teknologi Structural Health
Monitoring System (SHMS), terutama untuk jembatan yang membutuhkan waktu lama untuk tiba di lokasi. Sensor yang telah terpasang pada Jembatan Fisabilillah sebanyak 73 sensor yang terdi ri dari, 2 Joint Meter , 4 GNSS (GPS), 24 Cable Tensionmeter , 10 Strain Meter , 2 Anemometer , 18 1,2,3 Axis Accelerometer , 8 Thermometer , 4 CCTV, 1 hygrometer . Dengan SHMS, responden pertama dapat mengetahui kondisi struktur jembatan yang sebenarnya hanya dalam beberapa menit, sebelum melakukan pemeriksaan langsung pada setiap jembatan.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6