Perencanaan Tebal Overlay Perkerasan Runway Eksisting pada Bandara Internasional Juanda Surabaya

Authors

  • SYLVIA HASNA AURELLIA
  • BARKAH WAHYU WIDIANTO

Keywords:

ACN, PCN, COMFAA, FAARFIELD, Overlay

Abstract

Meningkatnya jumlah pergerakan penumpang pesawat udara terjadi akibat dari meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi publik, terutama pada transportasi udara yang lebih unggul dari segi waktu. Dalam menghadapi peningkatan jumlah pergerakan pesawat, runway perlu diperhatikan agar kekuatan struktur perkerasan dapat melayani beban lalu lintas pesawat selama umur rencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tebal overlay agar runway dapat melayani pergerakan dan pertumbuhan lalu lintas pesawat dengan baik. Metode yang digunakan yaitu evaluasi PCN berdasarkan FAA AC 150/5335-5C-2014 dengan software COMFAA dan FAA AC 150/5320-6G-2021 dengan software FAARFIELD. Berdasarkan hasil analisis dari 10 segmen serta penurunan kondisi perkerasan runway, didapatkan nilai PCN berkisar 57 hingga 109 F/D/X/T dengan ACN 120 F/D/X/T dan CDF > 1. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa nilai PCN < ACN. Maka, perlu dilakukan overlay menggunakan material Hot Mix Asphalt (HMA) agar perkerasan dapat melayani beban lalu lintas secara optimal. Tebal Overlay yang diperlukan berkisar 51 mm hingga 259 mm.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6