Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Stasiun Kereta Api Rancaekek Kabupaten Bandung Menggunakan Metode Fishbein

Authors

  • AUDINA RATNA GUMELAR
  • DWI PRASETYANTO

Keywords:

Atribut Layanan, Tingkat Kepuasan, Fishbein, Tingkat Kepentingan

Abstract

Permasalahan transportasi yang kian kompleks serta peningkatan jumlah penduduk yang mengakibatkan peningkatan mobilitas dan kemacetan. Moda angkutan umum sebagai alternatif solusi kemacetan khususnya di Kabupaten Bandung yaitu layanan jasa kereta api. Pengguna kereta api pada dasarnya membutuhkan layanan stasiun maupun atribut layanan yang sesuai dengan harapan konsumen. Pada penelitian ini akan mengkaji layanan di Stasiun Rancaekek Kabupaten Bandung yang bertujuan untuk mengetahui peringkat atribut layanan dan sikap pengguna atribut layanan Stasiun Rancaekek dengan melakukan survey yang memperhatikan tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan, dan diolah menggunakan metode Fishbein. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa atribut yang memiliki peringkat tertinggi bagi konsumen terhadap tingkat layanan Stasiun Rancaekek yaitu dari aspek realibility atau keandalan dan peringkat terendah bagi konsumen yaitu dari aspek empati. Hal tersebut dapat diartikan bahwa persepsi calon penumpang penting dan sangat puas terhadap layanan Stasiun Rancaekek. 

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6