Studi Alternatif Konfigurasi Rangka pada Jembatan Penyeberangan Orang Akibat Beban Statik

Authors

  • SAYYID MAULANA IMANUL HAQ
  • BADRIANA NURANITA

Keywords:

jembatan penyeberangan orang, rangka baja, rasio tegangan dan lendutan, statik

Abstract

Jembatan penyeberangan orang (JPO) adalah struktur bangunan yang dirancang untuk pejalan kaki sebagai jalur khusus dan pengaman agar tidak mengganggu mobilitas lalu lintas. Dalam penelitian ini, konfigurasi rangka baja JPO eksisting yang bertipe Warren with vertical akan dimodifikasi menjadi tipe pratt, k truss, dan baltimore, lalu JPO eksisting dan JPO yang sudah dimodifikasi konfigurasi rangkanya tersebut akan dihitung dan dibandingkan kinerja struktur atas jembatannya dengan bantuan software analisis dan pemodelan struktur jembatan. Hasil analisis rasio tegangan didapat nilai rasio tegangan terbesar adalah JPO dengan konfigurasi tipe warren sebesar 0,863 sedangkan nilai rasio tegangan terkecil adalah JPO dengan konfigurasi tipe baltimore sebesar 0,831, untuk nilai lendutan terbesar adalah JPO dengan konfigurasi tipe baltimore sebesar 40,365 mm, sedangkan untuk nilai lendutan terkecil adalah JPO dengan konfigurasi tipe k truss sebesar 34,522 mm.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6