Alternatif Lokasi Halte Optimal Trans Metro Pasundan (TMP) Kawasan Perkotaan Di Cekungan Bandung

Authors

  • DIANDRA PUTRI

Keywords:

Halte, indeks entropi, willingness to walk, lokasi optimal

Abstract

Kondisi idealnya tempat pemberhentan angkutan umum baik angkot maupun bus haruslah pada tempat yang sesuai yaitu pada halte-halte khusus. Maka dari itu diperlukan perencanaan halte terutama dengan adanya rencana Trans Metro Pasundan (TMP) Kawasan Perkotaan di Cekungan Bandung akan di realisasikan mulai tahun 2021 sehingga perencanaan halte yang optimal sangat diperlukan untuk menunjang TMP tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menghitung indkes entropi, meentukan radius pelayanan, menentukan skor setiap variabel dan penialain lokasi optimal. Metode pengumpulan data dilakukan secara primer yaitu melakukan observasi, karena keterbatasan observasi dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu obsevasi langsung ke lapangan dan observasi secara online menggunakan google street view dan google earth. Hasil penelitan yang telah dilakukan menunjukan loaksi halte optimal dengan radius pelayanan 300m dengan jarak antar halte 200m-400m terdapat 121 halte dengan lokasi optimal di wilayah studi baik eksisting maupun rencana. Terdapat 4 halte eksisting yang tidak optimal.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6