Persepsi Wisatawan Terhadap Atraksi Wisata Kuliner di Kota Bandung
Keywords:
persepsi wisatawan, atraksi wisata kuliner, pengalaman wisata, tujuan wisataAbstract
Penelitian tentang persepsi wisatawan terhadap atraksi wisata kuliner di Kota Bandung menunjukkan bahwa restoran merupakan jenis atraksi wisata kuliner yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, lebih spesifiknya yaitu restoran Indonesia. Wisatawan juga cenderung memilih makanan tradisional, dengan nasi goreng sebagai jenis makanan yang paling diminati. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling dan teknik simple random sampling, dengan metode pengumpulan data yaitu kuesioner dengan pertanyaan terbuka. Berdasarkan analisis persepsi menunjukkan bahwa mayoritas wisatawan memiliki persepsi positif terhadap atraksi wisata kuliner di Kota Bandung, menunjukkan bahwa industri kuliner di kota Bandung telah memberikan pengalaman yang memuaskan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan bagi pelaku industri kuliner untuk mengembangkan atraksi wisata kuliner yang lebih baik, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memperkuat industry kuliner di Kota Bandung.