Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran Objek Wisata Pantai Tanjung Kerasak

Authors

  • NANDA ERLYNDA MARLANTIKA

Keywords:

Internal, Eksternal, Strategi Pemasaran, Pantai Tanjung Kerasak

Abstract

Saat ini persaingan pariwisata semakin ketat karena mampu mempengaruhi perekonomian untuk suatu daerah dan jumlah tempat pariwisata saat inipun semakin bertambah setiap tahunnya. Ketatnya persaingan pariwisata membuat suatu daerah menjadi bersaing antar wisata yang satu dengan wisata yang lainnya untuk mendapatkan perhatian dari wisatawan melalui upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan wisata daerah mereka kepada wisatawan berdasarkan potensi yang dimiliki agar wisatawan tertarik untuk berkunjung. Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal bertujuan untuk mengetahui aspek apa saja yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran objek wisata Pantai Tanjung Kerasak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Lingkungan internal menggambarkan kekuatan dan kelemahan sedangkan lingkungan eksternal menggambarkan peluang dan ancaman pada Pantai Tanjung Kerasak. Hasil dari analisis, diperoleh faktor internal dan factor eksternal yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran objek wisata Pantai Tanjung Kerasak terdiri dari 10 kekuatan, 13 Kelemahan, 7 Peluang, dan 8 Ancaman.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 6