SENSITIVITAS DAYA DUKUNG SUBGRADE DAN BEBAN LALU-LINTAS TERHADAP PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN KAKU
Keywords:
CBR Tanah Dasar, Beban Lalu-lintas, Tebal Perkerasan KakuAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya dukung tanah dasar dan beban lalu-lintas dalam perencanaan tebal pelat beton semen dengan metode Pd T-14-2003 dan MDPJ No. 02/M/BM/2017. Data yang digunakan dari hasil survei dan pengujian PUPR Kota Pekanbaru, namun untuk kenaikan nilai CBR dan beban lalu-lintas bersifat asumsi. Berdasarkan perhitungan; CBR tanah dasar dan beban lalu-lintas benar mempengaruhi tebal perkerasan kaku pada Pd T-14-2003 namun tidak berpengaruh pada MDPJ No. 02/M/BM/2017. Pada beban lalu-lintas kenaikan tebal pelat beton tidak linear dikarenakan oleh nilai FRT dan FE. Pada nilai CBR subgrade penurunan tebal pelat beton tidak linear dikarenakan oleh perubahan nilai CBR efektif tanah dasar.
Downloads
Published
2021-12-17
Issue
Section
Prosiding FTSP Series 1