Evaluasi Modulus Elastisitas, Sisa Umur Layan, dan Overlay Pada Perkerasan Lentur Menggunakan Program Elmod 6
Keywords:
Pavement, Modulus of Elasticity, Remaining Service Life, Overlay, Elmod 6Abstract
There was damage to several segments of the Pematang Panggang-Kayu Agung toll road. So this research was carried out to analyze the value of elastic modulus, remaining service life, and overlay using the Elmod 6 program. Results of analysis of the elastic modulus of fast lane B and slow lane B. Fast lane B has E1 833-2,689 MPa, E2 103-1,486 MPa, E3 327-575 MPa, Esub 97-148 MPa. Slow lane B has variations E1 192-2,205 MPa, E2 79-1,422 MPa, E3 114- 996 MPa, Esub 63-189 MPa. The remaining dominant service life on the two dominant lanes is still optimal for 20 years. The greatest overlay requirement for fast lane B is 120 mm or 12 cm and slow lane B is 160 mm or 16 cm.
Keywords: Flexible Pavement, Modulus of Elasticity, Remaining Service Life, Overlay, Elmod 6
ABSTRAK
Terjadi kerusakan pada beberapa segmen jalan Tol Pematang Panggang-Kayu Agung. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai modulus elastisitas, sisa umur layan, dan overay dengan program Elmod 6. Hasil analisis modulus elastisitas lajur cepat B dan lajur lambat B. Lajur cepat B memiliki E1 833-2.689 MPa, E2 103-1.486 MPa, E3 327-575 MPa, Esub 97-148 MPa. Lajur lambat B memiliki variasi E1 192-2.205 MPa, E2 79-1.422 MPa, E3 114-996 MPa, Esub 63-189 MPa. Sisa umur layan dominan pada kedua lajur dominan masih dalam keadaan optimal selama 20 tahun. Kebutuhan overlay paling besar untuk lajur cepat B sebesar 120 mm atau 12 cm dan lajur lambat B sebesar 160 mm atau 16 cm. Kata Kunci : Perkerasan Lentur, Modulus Elastisitas, Sisa Umur Layan, Overlay, Elmod 6