Tinjauan Prasarana Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di Stasiun Tegalluar MUHAMAD ZULFAN FERDIAZH1, ELKHASNET2
Keywords:
Kereta api, Whoosh, Stasiun, Standar Pelayanan Minimum, FasilitasAbstract
ABSTRACT
Meningkatnya kebutuhan dan kegiatan perekonomian mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan transportasi dan melakukan aktifitas seperti urusan bisnis, keperluan keluarga, kegiatan pendidikan, maupun tujuan rekreasi/liburan. Untuk memenuhi aktifitas tersebut, maka perlu adanya penyediaan pelayanan jasa yang memadai, baik dari segi kuantitas maupun kualitas yang mencakup dimensi keselamatan, keamanan, kehandalan, kenyamanan, kemudahan dan kesetaraan sesuai dengan Peraturan Menteri No.63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Kereta Api. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis diperoleh dari 100 responden nilai tingkat kesesuaian yang terbesar adalah 92%, yaitu informasi gangguan perjalanan kereta, sedangkan untuk nilai tingkat kesesuaian yang paling rendah adalah 85%, yaitu ketersediaan fasilitas dan kesehatan untuk penanganan darurat. Secara keseluruhan menggambarkan tingkat kepuasan atau kualitas pelayanan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari ke-15 atribut pelayanan yang memiliki nilai sebesar 4,07 dari total 5 yaitu “Memuaskan”. Sehingga, Stasiun Tegalluar sudah 100% memenuhi parameter Standar Pelayanan Minimum berdasarkan Peraturan Menteri No.63 Tahun 2019. Kata Kunci : Kereta api, Whoosh, Stasiun, Standar Pelayanan Minimum, Fasilitas
Increasing economic needs and activities encourage people to carry out transportation
activities and carry out activities such as business matters, family needs, educational activities,
and recreation/vacation purposes. To fulfill these activities, it is necessary to provide adequate
services, both in terms of quantity and quality which include dimensions of safety, security,
reliability, comfort, convenience and equality in accordance with Ministerial Regulation No. 63
of 2019 concerning Minimum Train Service Standards. Based on the results of data processing
and analysis obtained from 100 respondents, the largest level of suitability value is 92%,
namely information on train travel disruptions, while for the lowest level of suitability value is
85%, namely the availability of facilities and health for emergency management. Overall
describe the level of satisfaction or quality of service is very good. This can be seen from the
15 service attributes that have a value of 4.07 out of a total of 5, namely "Satisfactory". Thus,
Tegalluar Station has 100% met the parameters of Minimum Service Standards based on
Ministerial Regulation No. 63 of 2019.
Keywords : Railway, Whoosh, Station, Minimum Service Standard, Facilities