EVALUASI KEBISINGAN PERJALANAN KERETA API TERHADAP LINGKUNGAN

Authors

  • LUTFIAH MIRA PERMATA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • SAMUN HARIS Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Kebisingan, Kereta Api, Penghalang

Abstract

Train noise is a sound that comes from railway operational activities such as friction between rail wheels at a certain time. Research in SDN 001 Merdeka because the road is only one direction, so if the train passes, the vehicle cannot pass because it is blocked by the train portal. Evaluation of daytime noise (Ls) to compare outdoor and indoor noise with barrier result, measurements using the Sound Level Meter. Noise measurement when the train passes outdoors in T1 has a noise of 78.38 dBA, T2 of 75.21 dBA, T3 of 66.72 dBA and T4 in the room with barrier has a noise of 48.50 dBA. Meanwhile, when the train does not pass T1, it has a result of 77.03 dBA and T4 has a result of 46.16 dBA. The measurement results show that the noise in outdoor is higher while the noise in the room with barrier has a lower noise than the 55 dBA provision. Keywords: Noise; Train; Barrier

ABSTRAK
Kebisingan kereta api merupakan suara yang berasal dari kegiatan operasional kereta api seperti gesekan antara roda rel dalam waktu tertentu. Penelitian di SDN 001 Merdeka dikarenakan jalan tersebut hanya satu arah maka jika kereta api melintas kendaraan tidak bisa lewat karena terhalang portal kereta api. Tujuan penulisan adalah melakukan evaluasi kebisingan siang hari (Ls) untuk membandingkan hasil kebisingan di luar ruangan dan di dalam ruangan sehubungan penghalang, pengukuran menggunakan Sound Level Meter. Pengukuran kebisingan pada saat kereta api melintas di luar ruangan di T1 memiliki kebisingan sebesar 78,38 dBA, T2 sebesar 75,21 dBA, T3 sebesar 66,72 dBA dan T4 di dalam ruangan sehubungan penghalang, memiliki kebisingan sebesar 48,50 dBA. Sedangkan pada saat kereta api tidak melintas T1 memiliki kebisingan sebesar 77,03 dBA dan T4 memiliki kebisingan sebesar 46,16 dBA. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa kebisingan di luar ruangan lebih tinggi sedangkan kebisingan di dalam ruangan sehubungan penghalang memiliki kebisingan yang lebih rendah dari ketentuan 55 dBA. Kata kunci: Kebisingan; Kereta Api; Penghalang.

Downloads

Published

2024-12-27

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 7