Tingkat Kepuasan Pengguna Commuter Line Bandung Raya Terhadap Aksesibilitas Stasiun Kereta Api Bandung

Authors

  • RAFLI KUSUMAH MULYA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • SONY HERDIANA Program Studi Desain Komunikasi Visual , Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Stasiun, Kereta Api, Komuter, Aksesibilitas, Kepuasan

Abstract

Stasiun Kereta Api Bandung merupakan salah satu simpul transportasi di pusat Kota Bandung, serta berada di kawasan berorientasi transit (TOD) Kebon Kawung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Tingkat kepuasan pengguna kereta api lokal Commuter Line Bandung Raya terhadap aksesibilitas Stasiun Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian melalui analisis Customer Satisfaction Index (CSI) terhadap 148 sampel menunjukkan indeks kepuasan responden terhadap aksesibilitas Stasiun Bandung sebesar 72,93%, atau tergolong cukup buruk. Permasalahan aksesibilitas di Stasiun Bandung berimplikasi terhadap buruknya kepuasan responden pada aspek jarak dan waktu tempuh dari dan/atau menuju stasiun, sebagai dua indikator dengan penilaian tingkat kepuasan yang paling rendah. Sementara fasilitas atau area khusus moda angkutan daring, serta area khusus drop-off penumpang menjadi indikator dengan tingkat kepuasan tertinggi. Kondisi tersebut menunjukkan kecenderungan responden dalam menggunakan kendaraan pribadi maupun moda privat untuk menjangkau dan/atau melanjutkan perjalanan dari Stasiun Bandung. Kata kunci: Stasiun, Kereta Api, Komuter, Aksesibilitas, Kepuasan

Downloads

Published

2024-12-27

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 7