Persepsi Masyarakat Kelurahan Cisurupan Terhadap Program Bantuan Sumur Bor Kotaku
Keywords:
sumur bor, persepsi, KotakuAbstract
Kelurahan Cisurupan terdapat sumur bor komunal yang dibangun sejak tahun 2018 oleh Kementerian PUPR Kota Bandung yang termasuk kedalam Program Kotaku. Program tersebut diberikan penuh kepada masyarakat untuk mengelolanya. Akan tetapi keluhan dari masyarakat muncul apabila pengelolaan sumur bor Kotaku ini dinilai tidak adil antara masyarakat yang menggunakan dengan pihak pengelola sumur bor Kotaku tersebut. Penelitian ini memperoleh 20 responden sebagai sampelyang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling dan teknik simple random sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis persepsi terhadap pelayanan sumur bor Kotaku ini, masyarakat menilai apabila pelayanan yang diberikan oleh pengelola terhadap pelanggannya ini berada di kategorirata-rata. Sementara untuk penilaian air yang dihasilkan sumur bor Kotaku ini dinilai Masyarakat sangat bersih dan jernih. Namun pengaliran air sumur bor Kotaku ini tidak mengalir setiap saat dan hal ini menjadi salah satu hal yang diresahkan oleh masyarakat pengguna layanan sumur bor Kotaku. Kata kunci: sumur bor, persepsi, Kotaku