Persepsi Masyarakat Kelurahan Cisurupan Terhadap Program Bantuan Sumur Bor Kotaku

Authors

  • SALSABILA KHAIRUNNISA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • SONY HERDIANA Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

sumur bor, persepsi, Kotaku

Abstract

Kelurahan Cisurupan terdapat sumur bor komunal yang dibangun sejak tahun 2018 oleh Kementerian PUPR Kota Bandung yang termasuk kedalam Program Kotaku. Program tersebut diberikan penuh kepada masyarakat untuk mengelolanya. Akan tetapi keluhan dari masyarakat muncul apabila pengelolaan sumur bor Kotaku ini dinilai tidak adil antara masyarakat yang menggunakan dengan pihak pengelola sumur bor Kotaku tersebut. Penelitian ini memperoleh 20 responden sebagai sampelyang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling dan teknik simple random sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis persepsi terhadap pelayanan sumur bor Kotaku ini, masyarakat menilai apabila pelayanan yang diberikan oleh pengelola terhadap pelanggannya ini berada di kategorirata-rata. Sementara untuk penilaian air yang dihasilkan sumur bor Kotaku ini dinilai Masyarakat sangat bersih dan jernih. Namun pengaliran air sumur bor Kotaku ini tidak mengalir setiap saat dan hal ini menjadi salah satu hal yang diresahkan oleh masyarakat pengguna layanan sumur bor Kotaku. Kata kunci: sumur bor, persepsi, Kotaku

 

Downloads

Published

2024-12-27

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 7