ANALISIS DAMPAK VOLUME KENDARAAN BERAT TERHADAP UMUR RENCANA JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN GEDEBAGE SELATAN)

Authors

  • Muhammad Nashir Hady
  • Elkhasnet

Keywords:

Volume Kendaraan Berat, Umur Rencana, Bina Marga, Gedebage Selatan

Abstract

Ruas Jalan Gedebage Selatan merupakan jalan Provinsi dengan Kelas Jalan II, Fungsi Jalan Kolektor Primer dan bagian dari infrastruktur jalan yang menghubungkan lokasi Jalan Gedebage Selatan, Kawasan Summarecon, dan Masjid Al Jabbar, dengan volume kendaraan yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak volume kendaraan berat terhadap kerusakan jalan menggunakan metode Bina Marga No.02/M/BM/2017. Dalam penelitian ini, dihitung angka ekivalen untuk setiap jenis kendaraan dan Equivalent Standard Axle Load pada kondisi beban normal dan beban berlebih. Nilai lintas sumbu standar untuk muatan normal selama umur rencana 20 tahun sebesar 46,151.278 Lss/Umur rencana/Lajur rencana, sedangkan untuk Nilai lintas sumbu standar untuk muatan berlebih (overloading) selama umur rencana 20 tahun sebesar 131,823.493 Lss/Umur rencana/Lajur rencana.
Peningkatan nilai Equivalent Single Axle Load (ESAL) selama umur rencana 20 tahun akibat beban berlebih sebesar 85,672.215 Lss/Umur rencana/Lajur rencana dengan persentase peningkatan sebesar 186 %. Dampak dari beban berlebih dari umur yang direncanakan 20 tahun ke 9 tahun yaitu penurunan umur rencana sebesar 11,11 tahun atau pada umur rencana jalan di tahun 2020 dengan persentasi penurunan 55,6 %.

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 8