Analisis Perbandingan Biaya dan Waktu Konstruksi Dinding Penahan Tanah Segmental Wall Tipe Connection Friction Tie dan Tipe Connection Tulangan yang Diangkurkan pada Oprit Overpass Jalan Mangkaca, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Authors

  • FAISHAL FACHRI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • HAZAIRIN Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • DESTI SANTI PRATIWI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Segmental Wall, Friction Tie, Tulangan, Biaya, Stabilitas

Abstract

Oprit merupakan suatu konstruksi yang menghubungkan jalan raya dan jembatan/overpass, oprit pada overpass sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti timbunan dan dinding penahan tanah, didalam dinding penahan tanah terdapat beberapa jenis dan tipe segmental wall tipe connection friction tie dan segemental wall tipe tulangan yang diangkurkan.

 

Untuk membangun suatu konstruksi yang efisien baik dalam segi biaya, waktu dan stabilitas maka diperlukan analisis perbandingan baik dari kedua tipe connection tersebut. Penelitian ini timbul karena untuk mengetahui perbandingan dalam segi biaya, waktu serta stabilitas kontruksi dari kedua tipe connection tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan progam plaxis 2d untuk menganalisis stabilitasnya dan analisis biaya menggunakan pedoman Permen PUPR no. 1 Tahun 2022.

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 8