KAJIAN KUALITAS PELAYANAN BUS DAMRI RUTE DIPATIUKUR - LEUWI PANJANG MENGGUNAKAN METODE IPA
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Damri, Service Quality, IPAAbstract
Bus kota merupakan Solusi untuk mengatasi masalah kemacetan yang terjadi pada wilayah yang padat penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas pelayanan bus DAMRI rute Dipatiukur-leuwi Panjang dan menganalisis atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan pada kualitas pelayanan bus DAMRI rute Dipatiukur-Leuwi Panjang Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan atribut pertanyaan yang didapat dari penelitian terdahulu oleh sheila dan Permen 98 tahun 2013. Dari hasil analisis dengan menggunakan metode tersebut didapatkan bahwa tingkat kesusaian antara persepsi dan harapan dari pengguna bus DAMRI rute Dipatiukur-Leuwi Panjang secara keseluruhan adalah 92,272% yang berarti pelayanan yang diberikan oleh bus DAMRI rute Dipatiukur-Leuwi Panjang kurang puas, maka dari itu perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan, lalu atribut-atribut yang diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan adalah atribut P9 adanya rasa aman dan nyaman saat sedang didalam bus dan P11 kemanan barang bawaan selama perjalanan.