Kajian Operasi Kereta Api Perkotaan Balikpapan – Ibu Kota Nusantara

Authors

  • Muhammad faishal Alifa Shidiq Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Sofyan Triana Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Pola Operasi, Operation pattern, kapasitas Lintas, Waktu Tempuh

Abstract

Pemerintah merencanakan pusat Ibu Kota Negara dan melengkapinya dengan fasilitas prasarana transportasi, salah satunya adalah rencana lintas pelayanan kereta api Perkotaan Balikpapan - Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Metode Analisis yang digunakan yaitu MAT (Matriks Asal Tujuan) dengan menghasilkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka). Hasil yang diperoleh dari Analisis ini yaitu pada analisis pola operasi menggunakan metode kapasitas lintas dan waktu tempuh didapatkan Grafik Perjalanan Kereta Api tahun 2035. Pada prasarana dan sarana kereta api Perkotaan Balikpapan - KIPP menggunakan jenis E.M.U atau electric multiple unit, dengan jenis kereta KRL I9000 kfW seri EA202 dengan kecepatan maksimum 120 km/jam, kapasitas 1000 orang/rangkaian, daya muat 250 penumpang/kereta, 1 rangkaian ada 4 kereta dan kapasitas emplasemen menggunakan jalur tunggal. Pola Operasi pada tahun 2035 perlu 7 rangkaian pergerakan kereta api.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 8