Perencanaan Bundaran Pada Simpang Jalan Pusdai, Kota Bandung

Authors

  • FABIAN RAMADHANSYAH W.N Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung
  • HERMAN Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Bundaran, Simpang

Abstract

Simpang Jl. Diponegoro – Jl. Supratman, Kota Bandung, merupakan simpang tak bersinyal, kemacetan di
persimpangan ini sering terjadi pada jam-jam sibuk yaitu pada pagi hari pada siang dan sore hari.
Kemacetan pada simpang ini dikarenakan di kawasan tersebut daerah yang komersial. Penelitian bertujuan
untuk merencanakan geometrik bundaran untuk mengurai kemacetan di lokasi pada saat kondisi eksisting
Penelitian ini menggunakan metode Pedoman Perencanaan Teknis Geometrik Simpang (2024) dan data
yang digunakan yaitu data primer. Dari hasil analisis dapat disimpulkan dari hasil perencanaan sesuai acuan
pedoman untuk diameter bundaran sebesar 30m, dengan kendaraan rencana adalah bus penumpang dan
kecepatan rencana sebesar 35 km/jam.lebar lajur masuk dan lajur keluar sebesar 4.3m dan lebar lajur
lingkar sebesar 4.3 untuk jarak henti pendekat pada masing-masing lengan diperoleh sebesar 45 m
diproyeksikan untuk kecepatan rata-rata saat memasuki area bundaran sebesar 34km/jam lalu terdapat
pulau pemisah dengan pada setiap lengan. yang dimana dari hasil perencanaan tersebut sudah memenuhi
standar dari PTGS 2024

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 8