Pemodelan Stabilitas Lereng Dengan Perkuatan Soil nailing Pada Proyek Jalan Tol Padang- Sicincin Menggunakan Model 3D
Keywords:
Lereng, Faktor Keamanan, Soil NailingAbstract
Pulau Sumatera dipenuhi oleh dataran perbukitan sehingga pembangunannya
sering berada di lereng dataran tinggi. Hal ini menyebabkan perencanaannya
sering melibatkan pekerjaan galian dan timbunan. Dikarenakan tinggi lereng
mencapai 28,48 m, maka diperlukan perkuatan lereng agar tidak terjadi longsoran
baik pada saat pembangunan maupun saat tol sudah memasuki layanan salah
satunya yaitu soil nailing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai
faktor keamanan lereng baik sebelum dan sesudah dipasang soil nailing dengan
melakukan kombinasi sudut pemasangan, kedalaman, jarak antar soil nailing, dan
pola pemasangan soil nailing dengan menggunakan bantuan PLAXIS 3D. Hasil
pemodelan menunjukan bahwa faktor keamanan pada lereng sebesar 1,207.
Namun, setelah diperkuat dengan soil nailing, faktor keamanan lereng meningkat
hingga 2,858 atau naik sebesar 136,76 %.