PERUBAHAN POLA PERGERAKAN MASYARAKAT SEKITAR JALAN SUKAJADI PASCA REKAYASA LALU LINTAS

Authors

  • DILLO TANAKA Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Nasional, Bandung

Keywords:

Rekayasa Lalu Lintas, Pola Pergerakan, Pengaruh Rekayasa Lalu Lintas, Uji Wilcoxon

Abstract

ABSTRAK
Jalan Sukajadi merupakan jalan dengan intensitas tinggi. Volume kendaraan yang masuk melebihi daya tampung kapasitas jalan pada jam sibuk dan akhir pekan. Di Jalan Sukajadi, aktivitas komersial menimbulkan bangkitan, tarikan dan hambatan samping. Pemberlakuan rekayasa lalu lintas diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan di Jalan Sukajadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan pola pergerakan masyarakat setempat pasca rekayasa lalu lintas Jalan Sukajadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode statistik deskriptif, kemudian dilakukan uji wilcoxon untuk melihat perbandingan antara jarak tempuh, waktu tempuh, dan biaya transportasi sebelum dan setelah rekayasa lalu lintas diberlakukan. Hasil dari penelitian ini dari segi kinerja jalan adalah meningkatnya kapasitas jalan sehingga dapat menurunkan nilai VCR, meningkatkan kecepatan rata-rata kendaraan, dan meningkatkan tingkat kinerja. Berdasarkan hasil perhitungan, jarak ke tujuan, waktu tempuh ke tujuan (dan sebaliknya), dan biaya transportasi sebelum dan setelah rekayasa lalu lintas mengalami perubahan signifikan.

Downloads

Published

2021-12-17

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 1