ANALISIS EFEKTIVITAS KINERJA LAJUR KHUSUS SEPEDA PADA KAWASAN KOTA BANDUNG

Authors

  • ANDHIFA BAGUS KURNIAWAN Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional
  • OKA PURWANTI Fakultas Teknik Sipil dan Perancangan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Keywords:

Lajur Sepeda, BLOS (Bicycle Level of Services), Pesepeda

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan di Kota Bandung menyebabkan kemacetan dan polusi udara
yang berkontribusi pada pemanasan global. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah kota
telah membuat lajur sepeda di jalan-jalan kota. Namun, lajur sepeda tersebut terletak
berdampingan dengan jalur kendaraan bermotor, yang berpotensi membahayakan
pengendara sepeda dan mengurangi kenyamanan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kinerja lajur sepeda menggunakan metode BLOS. Data survei yang dikumpulkan
mencakup data volume lalu lintas, kecepatan kendaraan bermotor, kondisi geometri jalan, dan
kondisi perkerasan jalan. Berdasarkan hasil penelitian di Jalan Merdeka menunjukkan
peringkat BLOS D pada hari Minggu dengan nilai antara 3,5 – 4,5 (kondisi kurang aman dan
nyaman) dan pada hari rabu diperoleh peringkat BLOS D di pagi serta E di sore hari dengan
nilai masing-masing antara 3,5 – 4,5 (kondisi kurang aman dan nyaman) dan 4,5 – 5,5 (kondisi
sangat kurang aman dan nyaman).

Downloads

Published

2025-03-12

Issue

Section

Prosiding FTSP Series 8