TINJAUAN LENDUTAN PADA STRUKTUR ATAS JEMBATAN PCI GIRDER BETON DENGAN DAN TANPA BEBAN SENTRIFUGAL
Keywords:
Jembatan Lengkung Horizontal, Beton Prategang, Beban SentrifugalAbstract
Peningkatan sarana transportasi, khususnya jembatan, sangat penting untuk mendukung pertumbuhan
ekonomi. Jembatan berfungsi menghubungkan tempat-tempat terpisah, serta meningkatkan aktivitas
ekonomi di suatu daerah. Penelitian ini fokus pada Jembatan Layang Nurtanio di Kota Bandung, sebuah
flyover melengkung horizontal yang menggunakan beton prategang dengan struktur gelagar. Jembatan ini,
dibangun untuk mendukung kereta cepat Jakarta-Bandung dan mengatasi kemacetan. Analisis kapasitas
struktur atas jembatan dilakukan menggunakan software Midas Civil, dengan acuan pembebanan SNI
1725:2016. Hasil analisis menunjukkan nilai Lendutan maksimal yang diperoleh adalah 9,103 mm, jauh di
bawah kapasitas izin sebesar 32 mm. Perbandingan nilai antara pemodelan dengan dan tanpa beban
sentrifugal menunjukkan perubahan minimal, lendutan dengan beban sentrifugal 9,103 mm, tanpa beban
sentrifugal sebesar 9,096 mm (selisih 0,007 mm), hasil analisis menunjukkan bahwa jembatan berada dalam
kategori aman terhadap lendutan. Penelitian ini juga menyarankan peninjauan lebih lanjut pada tulangan
plat untuk meningkatkan akurasi serta perbandingan dengan tipe jembatan prategang lainnya.