Analisis Dampak Alur Pemasaran Kopi Terhadap Kesejahteraan Pendapatan Petani Kopi (Studi Kasus Desa Cipada Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat
Keywords:
Petani, Pemasaran, Alur, KesejahteraanAbstract
Penelitian ini membahas mengenai dampak dari alur pemasaran terhadap pendapatan petani. Terdapat beberapa komponen yang dapat mempengaruhi pendapatan petani seperti luas lahan yang digarap oleh petani, dengan melihat luas lahan yang digarap akan terlihat pula skala pertanian, dengan perbedaan luas lahan maka akan terjadiny aperbedaan jumlah produksi yang dapat dihasilkan oleh petani, lalu ada pula modal yang dikeluarkan oleh petani. Cara petani memasarkan produk juga akan mempengaruhi keuntungan yang didapatkan, selain cara pemasaran produk yang dihasilkan petani juga akan mempengaruhi pendapatan petani karena dengan produk yang sudah siap hidang akan mendatangkan keuntungan yang jauh lebih besar kepada petani. Petani Desa Cipada memiliki tiga jenis produk kopi yang dijual yakni ceri, gabah dan produk olahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui alur pemasaran yang paling menguntungkan bagi petani.